Tak perlu banyak kata untuk menandakan kelebihanmu,tapi banyakilah hal yang mampu membuktikannya......

Sabtu, 19 November 2011

PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT


PENGERTIAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT

A. Pengertian pemasaran menurut para ahli
Menurut WY. Stanton Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. (Fundamental of marketing, 1997)

Menurut H. Nystrom Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Menurut Philip dan Duncan Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen. (pemasaran, 2001)
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Menurut Organisasi.Org Marketing atau Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu. Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.
Menurut Kotler Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. (manajemen pemasaran 2000)

               Sedangkan pengertian pemasaran secara umum adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan hidup sebuah perusahaan sehingga atau perusahaan tersebut mendapat laba atau untung.dalam oraganisasi pemasaran,semua anggota yang tercangkup dalam oraganisasi bekerja sehingga antara 1 dengan yang lain saling mempengaruhi.Ada 2 faktor yang akan mempengaruhi kinerja suatu perusahaan dalam keberhasilannya,yaitu
factor internal dan factor eksternal
                Pada factor internal,semua yang dimiliki perusahaan masih bisa di ubah,dalam factor ini memiliki 2 sub yang berbeda dimana salah satunya meiliki wewenang sejauh mana kreatifitas sebuah produk,keungan dan personal.Sedangkan factor eksternal itu sendiri factor  yang memiliki kewenangan di luar perusahaan.Sehingga perusahaan tidak dapat menentukan konsumen harus memilih produknya.dalam factor ini konsumen akan memiliki atau mengkonsumsi sesuai apa yang di inginkan sehingga perusahaan tidak dapat memaksa akan kehendak konsumen

Pengertian manajamen pemasaran
                   Manajamen pemasaran itu sendiri adalah kegiataan yang wajib dengan di lakukan suatu perusahaan sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup.jika di contohkan seperti halnya manusia yang selalu membutuhkan nasi sebagai sumber pokok yang harus terpenuhi.jika manusia kelaparan tanpa nasi seperti halnya perusahaan akan kelaparan pemasukan tanpa adanya manajamen pemasaran atau penggerak.

konsep pemasaran
                  Konsep pemasaran merupakan filsafa atau hal yang sangat penting untuk kemajuan perusahaanya.jika dilihat dari sisi keseluruhan konsep pemasaran terbagi 5 konsep

konsep pengeluaran
                  Dengan melihat konsumen sebagai titik tujuan perusahaan pasti telah mengivestigasi apa yang di inginkan kelompok konsumen.perusahaan mencoba berbaur antara permintaan denga harga penjualan.sehingga ditentukan harga yang murah ketika konsumen menginginkan sumber dana yang sedikit tapi mendapatkan kepuasan maksimal.sehingga perusahaan menentukan konsep pengeluaran,dimana pada konsep ini lebih bertujuan menjual produk secara besar besaran dengan harga yang jatuh di konsumsi konsumen rendah.perusahaan menghapakan laba dari pengeluaran produknya.akan tetapi perusahaan mempromosikan produknya secara luas,sehingga dengan cepat mudah dikenali.

konsep produk
                 Pada konsep ini,perusahaan mencoba membangun kualiti dan kwalitas produklah yang harus diutamakan meskipun dengan harga relative tinggi.perusahaan pun ber-inovatif dengan keunggulan merk yang dimiliki,selain itu perusahaan pun slalu berupaya memberikan kwalitas no 1

               Segmentasi pasar.ketika dengan produk yang di miliki berbasis tinggi atau sudah sangat terkenal.perusahaan pun berspesifik harga yang ditawarkan tinggi.namun masih adapun kejanggalan dalam pemasaranya ketika harus bersaing dengan produk lain yang dengan harga dan model lebih unggul meskipun pada kenyataannya kwalitas masih bawah.

               Dengan menetapkan harga yang tinggi,laba yang diharapkan dari volume penjulan dan laba dihasilkan dari harga tinggi tersebut.

konsep jualan
               Perusahaan lebih terarah pada aktivitas promosi.promosi yang kreatif,inivatif dan yang pastinya menarik.ketika perusahaan menetapkan memakai konsep jualan pastinya atau kebanyakan perusahaan memproduksi barang yang tidak terlalu di butuhkan konsumen .namun dalam posisi seperti ini perusahaan yakin bahwa apa yang telah di produksinya layak menembus pasaran atau dengan kata lain fasiliti cukup

konsep pemasarn
                Ketika konsep di atas lebih terarah produk industry yang di produksinya,terbalik dengan konsep pemasaran ini.konsep pemasaran ini lebih terarah tentang kebutuhan atau kemauan konsumen.pada konsep pemasaran ini lebih tertuju pada pasar ; dimana produk yang diharapkan konsumen bisa terjual dengan kapasitas tinggi.keperluan pengguna ; sebelum perusahaan memproduksi suatu barang,aka nada baiknya ketika menjelajahi tentang apa yang di butuhkan konsumen.pemasaran berintegrasi ; kerja sama akan apa yang terjadi kemudian dan bertanggung jawab.keuntungan ; keuntungan yang di raih merupakan hasil dari kepuasan konsumen.

konsep kesejahteraan
                 
Pada posisi ini perusahaan lebih menekankan bagaimana  dengan produk yang sudah di buat masyarakat tetap sejahtera.dengan begitu tentang etika social lingkungan akan mempengaruhi sebuah penjualan.

                 Dalam ke empat konsep diatas,sebenarnya tujuannya sama yaitu memperoleh penghasilan atau laba yang sesuai.dengan begitu perusahaan mampu terus memproduksi barang atau jasa tersebut,atau terus berjalan kehidupannya dengan persaingan yang semakin ketat

tanggung jawab manajer pemasaran dalam perusahaan
                 Seorang manajer adalah tanggung jawab atas berhasil tidaknya pemasaran produk perusahaanya.jika seorang manajer teledor untuk menentukan kemana jalan yang diambil dalam untuk produknya,habislah nasib produk tersebut.sehingga pada posisi manajer setidaknya harus cermat kemana pasar yang akan dituju.belum adanya kepastian tugas manajer dalam arti umunya,namun  Rcky W.Griffin mengutarakan bahwa tugas manajmen sebagai berikut

proses perencanaan,dimana seorang manajer meiliki sifat cepat dan tepat untuk mengambil keputusan yang efektif,sehingga proses berjalannya pemasaran mulu.
pengorganisasian meskipun manajer pimpinan untuk pemasaran,namun seorang manajer tidak bekerja sendiri.manajer didukung dengan organisasi yang harus solid.dimana ketentuan ketentuan yang sudah di buat merupakan hal wajib
pengkoordinasian dimana seorang manajer dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan harapan.manajer harus benar menentukan pemasaran produknya dengan benar
pengontrolan terkadang karna teledor dalam menentukan seumber daya yang berlebihan namun tidak di imbangi tujuan akan bedampak negative yaitu pemborosan pengeluaran perusahaan.dalam hal ini manajer harus dapat menentuka sumber daya yang seefisiensi dan efektif sehingga waktu yang diperlukan dalam promosi untuk mencapai titik puncak tidaklah lama.

peran pemasaran dalam masyarakat
Kegiatan-kegiatan pemasaran juga perlu dikoordinasikan dengan faktor-faktor lingkungan yang sebagian besar berada di luar kontrol perusahaan. Ini berarti bahwa perusahaan perlu lebih banyak mengarahkan karyawan melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran yang etis atau tidak bertentangan dengan norma lingkungan, dan produk-produknya memang aman sebelum diluncurkan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, keputusan tentang produk diintegrasikan dengan keputusan-keputusan menyangkut harga, distribusi, dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi, dikenal dengan istilah bauran pemasaran.

tanggung jawab social
                Terjadinya pro dan kontra antara pihak perusahaan dengan masyarakat sekitar perusahaan,semua di picu ketika masyarakat sekitar menginginkan pertanggung jawaban atas aktivitas perusahaan.satu kesamaan yang mendasar untuk sebuah tanggung jawab dari kesamaan.

Ada 3 kelompok yang mulai mengembangkan pola pemikiran dan pengalaman praktik praktikan CSR (corporate social responsibility)
yang pertama yaitu kelompok Neo-liberal mengungkapkan bahwa salah satu inisiatif yaitu memfokuskan pandangan terhadap CSR.dimana CSR yang datang dari perusahaan itu sendiri memperkirakan penghargaan bisnis terhadap kegiatan yang telah dilakukan CSR.

               Kelompok kedua yang berasal dari kelompok Stat Leds mengungkapkan agar antara perusahaan pemerintah dan peranan mendukung dengan jalanya baik nasional maupun internasional sehingga terjadi kerja sama yang kuat dan baik yang akan mempengaruhi unilateral dan multilateral.Sedangkan kelompok tiga lebih memusatkan pada organisasi organisasi nirlaba yang akan mempengaruhi orientasi profit CSR.

                Meskipun terlihat kukuh atas pendirian 3 kelompok tersebut masih tersimpan kelemahan pada masing masing kelompok.namun pada tahun 2007 pasal 74 kelompok stat leds yang menjadi kuat karena telah tersimpan dalam undang undang yang berbunyi setiap perusahaan pertambangan harus menerapkan CSR.

Dimensi tanggung jawab perusahaan
                   Ketika sebuah perusahaan semakin maju atau semakin besar,akan di ikuti pula dengan pertanggung jawaban atas perusahaannya,perusahaan wajib memberikan pertanggung jawaban atas apa yang telah dilakukan perusahaanya.di sebutkan bahwa pertanggung jawaban dibagi menjdi 2 dimensi yang berbeda
Dimensi vertical
Dimensi horizontal dan
Dimensi luar organisasi

Dimensi vertical ; dimana pertanggung jawaban atas perusahaanya dimulai dari atas kebawah dan dari bawah keatas.hal ini menunjukan kerja sama yang kuat.
Dimensi horizontal ; dalam menghadapi sebuah problema yang harus di pertanggung jawabkan atas perusahaan,dimensi ini tidak memandang derajat atau atas bawahan atau semua derajat sama sehingga koordinasi anggota terjalin
Dimensi Luar organisasi ; menjalin suatu hubungan dengan perusahaan lain merupakan hal penting karena sebuah perusahaan tidak bisa hidup sendiri.

konsumerisme
                       Konsumerisme adalah ideology yang berkaitan tentang sekelompok konsumsi atau kelompok yang slalu ingin mendapatkan bahwa memiliki produk yang telah ada.hal ini sangat bedampak besar bagi kelangsungan hidup manusia atau kesejahteraan manusia karena dengan menngkonsumsi terus menerus tanpa memikirkan masa depan akan menjadikan sumber dana konsumsi semakin menipis.bisa dikatakan penyakit jiwa dalam diri manusia tanpa berfikir panjang untuk mendaptkan kepuasan diwaktu sekarang dan tak akan lama dalam waktu kedepan

pemasaran dalam lingkungan yang berubah
                  Dengan pemanasan global diseluruh dunia mengakibatkan suatu ekonomi menjadi turun termasuk pada perusahaan.hal ini berpengaruh terhadap kemajuan suatu produk,dimana perusahaan yang sebelumnya memproduksi produk yang monoton sekarang menjadi perusahaan yang kreatif,dimana kreatif aka nada keunikan yang akan menarik sebuah konsumen.dengan semakin berubahnya lingkungan akan sangat mempengaruhi pemasaran dalam organisasi perusahaan.seharusnya dalam posisi seperti ini perusahaan harus lebih sesintif terhadap apa yang di inginkan masyarakat.


Sumber
http://duniabaca.com/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran
http://pakarbisnisonline.blogspot.com/2009/12/makalah-pengertian-pemasaran-dan.html
http://infosky.wordpress.com/2007/04/08/5-konsep-pemasaran/
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
Jurnal Elcendikia Edisi 7 Vol.III No.1 Juni 2008)
http://dc360.4shared.com/doc/3m6T4hJ2/preview.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumerisme


Tidak ada komentar:

Posting Komentar