STRATEGI PROMOSI DAN PERIKLANAN 9
Pengertian komunikasi pemasaran
komunikasi pemasaran merupakan alat atau bauran yang sangat penting bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen.Dengan adanya komunikasi pemasaran perusahaan mengerti atau lebih cepat tanggap atas apa yang di inginkan konsumen.seorang yang bertugas untuk saling komunikasi dengan pasar haruslah mempunyai kecepatan membaca waktu dengan efektif.Dengan cepat dan efektif itulah yang akan mempengaruhi biaya pengeluran perusahaan.
Dengan kepintaran berkomunikasi yang efektif ini,konsumen akan lebih mengerti apa yang kelebihan produk yang ditawarkan.komunikasi ini bisa die but juga dengan promosi.seorang yang bertugas khusus berkomunikasi dengan konsumen,bukanlah terfokus pada pada satu pasar saja,akan tetapi ia harus bisa berbaur informasi atas produk perusahaannya dengan masyarakat luas.
Menurut Stanton yang dikutip oleh Djaslim Saladin dan Yevis Marti Oesman (1991; 194) Komunikasi Pemasaran adalah kombinasi dari penjualan tata muka, periklanan, promosi penjualan,publisitas dan hubungan masyarakat yang membantu pencapaian tujuan perusahaan
. Djasmin Saladin (2001; 123) Komunikasi Pemasaran adalah aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi dan membujuk atau mengingatkan pasan sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Pengertian komunikasi pemasaran
komunikasi pemasaran merupakan alat atau bauran yang sangat penting bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen.Dengan adanya komunikasi pemasaran perusahaan mengerti atau lebih cepat tanggap atas apa yang di inginkan konsumen.seorang yang bertugas untuk saling komunikasi dengan pasar haruslah mempunyai kecepatan membaca waktu dengan efektif.Dengan cepat dan efektif itulah yang akan mempengaruhi biaya pengeluran perusahaan.
Dengan kepintaran berkomunikasi yang efektif ini,konsumen akan lebih mengerti apa yang kelebihan produk yang ditawarkan.komunikasi ini bisa die but juga dengan promosi.seorang yang bertugas khusus berkomunikasi dengan konsumen,bukanlah terfokus pada pada satu pasar saja,akan tetapi ia harus bisa berbaur informasi atas produk perusahaannya dengan masyarakat luas.
Menurut Stanton yang dikutip oleh Djaslim Saladin dan Yevis Marti Oesman (1991; 194) Komunikasi Pemasaran adalah kombinasi dari penjualan tata muka, periklanan, promosi penjualan,publisitas dan hubungan masyarakat yang membantu pencapaian tujuan perusahaan
. Djasmin Saladin (2001; 123) Komunikasi Pemasaran adalah aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi dan membujuk atau mengingatkan pasan sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Sedangkan Komunikasi Pemasaran menurut Sofyan Assauri (1996:243) adalah “Kombinasi strategi yang paling baik dari unsurunsur pnomosi tersebut, maka untuk dapat efektifnya promosi dilakukan oleh suatu perusahaan, perlu ditentukan terlebih dahulu peralatan atau unsur promosi apa saja yang sebaiknya digunakan dan bagaimana pengkombinasian unsur-unsur tersebut agar hasilnya dapat optimal”.
sehingga jika disimpukan komunikasi pemasaran adalah sebuah komunikasi atas informasi dari satu pihak ke pihak lain tentang suatu produk yang akan menjadi barang konsumsi masyarakat dengan cara mempengaruhi masyarakat terutama pada kelebihan yang dimiliki produk tersebut.
pentingnya komunikasi yang efektif
.
komunikasi dengan efektif akan mempengaruhi kinerja beli konsumen.dimana komunikasi tersebut mempunyai gagasan atau ide pokok yang ditawarkan secara luas akan tetapi mudah di pahami masyarakat.Tak sedikit pula bermaksud menawarkan atau menjelaskan infomasi produk dengan jelas,namun akhirnya membuat konsumen menjadi bingung.Masalah seperti ini harus di hindarkan untuk mencegah kemacetan penjualan produk.Adapun tips untuk berkomunikasi secara jelas dan efektif
1. Memahami gagasan
Dengan memahami gagasan yang akan disampaikan merupakan hal penting untuk penyampaian berbicara.Kebanyakan konsumen berfikir ketika sebuah produk yang ditawarkan tidak jelas pastinya konsumen beranggapan bahwa produk itu lemah atau palsu.Sehingga sebelum anda akan berkomunikasi dengan konsumen sebaiknya anda memahami hal yang penting untuk disampaikan.
2. Cara bicara
menjelaskan informasi sebuah produk akan dijelaskan untuk konsumen,sehingga dari cara bicara,bahasa yang digunakan haruslah jelas dan menarik.Dengan begitu konsumen mudah memahami apa yang dijelaskan.
3. Jiwai Tujuan
Dengan keyakinan yang tinggi seseorang dapat menjelaskan apa tujuan dari produk tersebut.Dengan hanya point point penting yang disampaikan untuk konsumen.
4. Kenali objek yang akan di tuju
Dengan mengenali siapa yang akan dituju,pastinya harus mengenali kondisi atau situasi konsumen.sehingga konsumen dapat adaptif attas penjelasan kita.
periklanan
periklanan merupakan hal yang cukup penting bagi industry industry modern pada saat ini,periklanan merupakan cara untuk memperluaskan produk yang akan terjun ke masyarakat.periklanan dapat melalui TV,Radio dan media lainya.Dalam periklanan mempunyai teknik untuk periklanan yaitu teknik Dramatisasi,teknik yang slalu melebih lebihkan sisi positif produk yang akan dipasarkan sehingga dapat menarik konsumen.dengan teknik daramatisasi sebuah iklan yang ditayangkan mendapat kritikan berbagai pihak terutama dari pihak konsumen.konsumen menggap iklan disuatu media menipu atau berbohong,akan tetapi disetiap iklan ada kalimat atau ucapan yang merupakan kelemahan produk,namun konsumen tidak terlalu teliti.Konsumen hanya memandang iklan dari suatu ucapan atau kalimat yang menonjol.Pada hakekatnya teknik ini harus ada,dikarenakan ini lah bumbu yang akan menyedapkan konsumen untuk merasakan.Dapat diartikan sayur tanpa garam tidak sedap.
penjualan tatap muka
penjualan yang di lakukan dengan cara mendatangi konsumen sehingga konsumen dapat langsung mengerti apa maksud produk tersebut.selain itu konsumenjuga dapat menanyakan apa yang selama ini belum diketahuinya.Perusahaan melakukan penjualan secara langsung dikarenakan persaingan yang semakin ketat,Dengan melakukan cara ini perusahaan mengharapkan penjualan maksimal.namun seorang yang bertugas penjualan secara langsung harus lah berusaha keras bagaimana konsumen dapat membeli produknya.Dengan semakin banyak konsumen yang membeli akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan.
Sifat-sifat penjualan tatap muka adalah sebagai berikut :
1. personal atau adanya kontak langsung dengan konsumen
2. tanggapan langsung atas pertanyaan/reaksi konsumen
3. mempererat hubungan dengan konsumen, apabila sikapnya memuaskan
4. biaya operasionalnya cukup tinggi
Hubungan masyarakat/HUMAS
hubungan masyarakat sangat erat dengan kepercayaan konsumen terhadap produk.sebagai Humas pun harus bisa memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
humas juga merupakan penunjang atas keputusan yang diambil manajamen.keputusan yang di ambil seorang manajer haruslah dijalankan oleh Humas sehingga konsumen dapat mengetahui produknya.Humas mempunyai tujuan yaitu internal dan eksternal dimana internal yang dimaksudnya pada suatu organisasi perusahaan tersebut sudah mengetahui apa misi dan visi sebelum produk akan diluncurkan sedangkan Eksternal yang dimaksud masyarakat luar,selain menjaga keharmonisan dalam organisasinya,Humas juga harus dapat membina keharmonisan dimasyarakat sehingga dengan begitu masyarakat mudah tertarik.Humas harus memiliki sifat mudah bergaul dengan siapa pun sehingga misi dan visi perusahaan mudah dijalankan.
promosi penjualan
promosi merupakan hal yang sangat mutlak untuk memperkenalkan produk baik industry maupun perusahaan.semua yang akan menawarkan produknya bervariasi dalam mempromosikan produknya,dengan cara promosi intensif yaitu promosi jangka pendek untuk untuk menekankan seminimal biaya yang dikeluarkan dengan harapan menekankan atau mendorong konsumen dengan cepat dan lebih banyak pembelian.
banyak factor yang mempengaruhi promosi penjualan,yang sangat penting yaitu factor internal.semakin banyak manajer yang berhubungan dengan baik akan tercipta promosi dengan jalan yang lancAr sehingga tidak memerlukan waktu yang lama atau perbedaan yang tidak bisa diselesaikan.tugas manajer dalam promosi penjualan harus seimbang.dimana antara manajer yang satu dengan yang lain harus saling memberikan pendapata yang rasional.
Contoh promosi
pemasaran langsung
pemasaran langsung adalah pemasaran yang ditunjukan langsung kepada konsumen.pemasaran langsung bukan harus bertatap muka namun pemasaran langsung tersebut tidak adanya perantara dalam jual beli produk.pemasaran langsung bisa melalui surat,telefon,emai,faksimal dan alat komunikasi lainya yang berbentuk nonpersonal.
Adapun cara untuk melakukan pemasaran langsung
1. Nonpublik ; pesan yang ditunjukan atau dikirim hanya satu orang atau bersifat pribadi.contohnya surat,email dll
2. Disesuaikan ; sebaiknya disiapkan untuk siapa surat itu dibuat,sehingga sesampainya seorang yang dituju mampu tertarik dengan isi yang dibuat.
3 Interaktif: Pesan dapat diubah sesuai tanggapan orang yang berkaitan sehingga menimbulkan suatu komunikasi yang interaktif.
4. Terbaru ; sebaiknya surat dibuat secara terkini dan baru.
sumber
http://beritawonganteng.blogspot.com/2010/05/pemasaran-langsung-direct-marketing.html
http://teddykw2.wordpress.com/2008/03/06/promosi-penjualan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_masyarakat
http://eko-trisna.blogspot.com/2010/01/penjualan-tatap-muka.html
http://www.perfspot.com/docs/doc.asp?id=20892
http://ridwaniskandar.files.wordpress.com/2009/05/51-pengertian-komunikasi-pemasaran.pdf
http://imgreatdoctor.wordpress.com/2009/07/10/pentingnya-komunikasi-efektif
http://eko-trisna.blogspot.com/2010/01/penjualan-tatap-muka.html
http://www.perfspot.com/docs/doc.asp?id=20892
Tidak ada komentar:
Posting Komentar