Tak perlu banyak kata untuk menandakan kelebihanmu,tapi banyakilah hal yang mampu membuktikannya......

Rabu, 16 November 2011

SEGMENTASI PASAR,PENENTU SASARAN PASAR DAN PEMOSISIAN 3


Segmentasi pasar penentuan sasaran pasar dan pemomosisian.
Segmentasi pasar
segmentasinpasar itu sendiri adalah proses membagi pasar  yang sebelumnya bersifat heterogen menjadi beragam kelompok sehingga berperilaku berbeda beda.sedangkan secara umum,tujuan segmentasi itu sendiri adalah kemampuan untuk mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam pada bagian pasar.pada hakikatnya segmentasi pasar bukanlah pekerjaan yang mudah

criteria segmentasi pasar

segmentasi yang efektif pastinya akan slalu berdampingan dengan criteria
1. Dapat di jangkau
                bentuk suatu produk yang di hasilkan atau di ciptakan suatu perusahaan mempunyai rencana atau di buat untuk semua kalangan masyarakt.sehinnga dari masyarakat kecil pun dapat mengkonsumsinya,namun kendala yang tidak membuat segmentasi pasar ini tidak dapat di capai karena transportasi,jarak,dan perilaku masyarakat tertentu.
2. dapat di ukur
                suatu segmentasi yang heterogen,namun sulit untuk membedakan pengukuran perbedaan perbedaan.sehinnga perbeedaannya terlihat menjadi lebih jelas
3. Memberikan ke untungan
                semua segmentasi pasar yang dengan adanya perbedaan perbedaan namun tidak memperoleh suatu keuntungan di nyatakan tidak bermanfaat.sehingga segmentasi pasar yang dengan memperoleh ke untungan dan slalu memberikan peluang demi peluang di nyatakan bermanfaat.

persyaratan untuk melakukan segmentasi pasar yang efektif

                jika pemanasan global mempengaruhi suatu jalannya pasar dunia,tentunya segmentasi pasar yang seharusnya berjalan dengan baik kini menjadi semakin tersendat sendat.dengan kondidi seperti ini pastinya banyak yang menginginkan produknya jatuh kepasaran menjadi primadona pasar.namun pada hakikatnya harus melalui persaingan pasar.adapun jalan untuk menuju suatu kesuksesan suatu produk dalam pasar yang efektif.
1. Measurability, yaitu ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
2. Accessibility, yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3. Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.
3. Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.


PENETAPAN PASAR SASARAN

                dengan perusahaan yang melayani pasar terjadilah sasaran dalam pasar.adanya srtategi,progam,hal inilah yang akan di buat sebelum menentukan sebuah sasaran sehingga saat terjadinya sasaran pasar bisa lebih terarah dan pastinya lebih tepat.                 selain induk yang melayani pasar perusahaan pun  menilai terlebih dahulu lalu di kelompokkan sesuai dengan prosedurnya.Adapun factor yang harus di perhatikan dalam penilaian masing masing segmen pasar.
1. Luas dan pertumbuhan segmentasi pasar.
2. Struktur pasar
3. Tujuan dan kapasitas perusaan

HUBUNGAN ANTARA SEGMENTASI PASAR DAN PENETAPAN PASAR

                segmentasi pasar dan penetapan pasar jika di artikan sesuai kenyataan sangatlah berbeda.jika segmentasi fokous pada heterogen,dan penetapan sasaran pasar bersifat homogen.namun ke duanya mempunyai hubungan yang bisa di bilang harmonis sebagai langkah untuk mengambil suatu keputusan untuk melayani pasar.selain ke duanya seperti magnet yang berbeda arah,saling menarik.
contoh ; suatu iklan yang mempengaruhi sebuah daya beli konsumen.dalam hal ini suatu iklan bersifat heterogen sedangkan  daya beli konsumen bersifat homogeny.

PENENTUAN POSISI PRODUK

                setelah menetapkan sasaran produk,langka kemudian adalah menetapkan posisi produk.jika di kaji secara umum pengertian posisi produk adalah persepsi dan preferensi konsumen.sebuah posisi produk sangat perlu di tekankan kebenaranya karena dengan melihat posisi yang realistis atau posisi yang sangat terjangkau oleh konsumen maka di situlah produk yang di tawarkan dapat di terima.

STRATEGI PENENTUAN POSISI PRODUK

a. strategi berdasarkan posisi adalah kombinasi antara saluaran produk dengan distribusi.dengan menkankan harga dan strategi promosi sehingga bertujuan untuk melawan persaingan pasar.
b.tujuan produk adalah
c. strategi merek adalah dengan mencoba melihatkan kepada konsumen bahwa merek adalah hal yang paling penting dala produk
d. strategi manajamen produk dengan melalui tahap perkenalan sebagai titik awal strategi.

SUMBER

BUKU DASAR PEMASARAN,TEGUH BUDIARTO/QX GRAPHIC DESIG
http://kamahera18.wordpress.com/2010/12/04/syarat-syarat-segmentasi-yang-efektif/
http://blog.uad.ac.id/sulisworo/2009/05/06/hubungan-penetapan-sasaran-pasar-dengan-segmentasi-pasar/
 http://www.scribd.com/doc/43410576/Strategi-Target-Pasar-Dan-Penentuan-Posisi-Produk

DI TULIS UNTUK MEMENUHI TUGAS DASAR PEMASARAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar