Perilaku konsumen adalahperilaku
konsumen dengan menunjukan,mencari,menilai,menukar,menggunakan
serta yang
memuaskan bagi mereka.sebenernya konsumen mau berusaha apa yang ingin di miliki,
dengan mengeluarkan sumber daya nya.sehingga pada dasarnya focus atau tujuan
konsumen adalah memuaskan dirinya dengan mengeluarkan sebagian sumber dayannya
dengan begitu konsumen terbantu dengan adanya produk yang di konsumsinya.namun
dengan semakin berkembangnya suatu zaman yang semakin modern atau revolusi atau
pergantian secara cepat dapat mempengaruhi konsumen bisa di tunjukan dengan
adanya alat alat yang canggih sehingga konsumen dapat menemukan sebuah
informasi yang lebih lanjut dari sebelumnya.selain itu para marketer menawarkan
jasa atau barang lebih menjauh dari sebelumnya dengan begitu konsumen lebih
interaktif dan spontan.
ada 2 wujud pada perilaku konsumen1. Konsumen mengkonsumsi barang sebagai pemenuhan dirinya sendiri
2. Konsumen mengkonsumsi barangnya sebagai kebutuhan dirinya dan menjalankan organisasinya.
Berbagai macam situasi pembelian
suatu keputusan pembelian adalah hak wajib bagi perusahaan.dengan pembelian sirkulasi akan berputar
bahan dasar..........................produk.........................konsumen/distributor..................pendapatan
di olah di jual menerima
membeli
factor yang mempengaruhi situasi pembelian
a. pembelian ulang,dapat di artikan pemebelian yang dilakukan nerulang ulang atau terus menerus tanpa harus memesan dari agen,hal ini bisa di pengaruhi karna harga,kwalitas,dan kebutuhan yang besar.
b. pembelian ulang yang di modifikasi,dengan melakukan pembelian secara rutin dan memesan dengan paling sedikitnya cukup banyak,sehingga pembeli ingin mengubah produk,harga dan kwalitas bahkan syarat syarat pengiriman pun,namun pemebeli menambahkan keputusan kepada penjual.
c. tugas tugas,biaya semakin besar,waktu yang di butuhkan semakin lama di karenakan harus mengetahui informasi produk yang akan di belinya pada factor ini kebanyakan atau sebagian besar adalah konsumen baru.
struktur keputusan beli
jika menurut basu swatha dan handoko,meliputi ;
a. jenis produk
dalam hal ini perusahaan memusatkan pada jenis sebuah produk,semakin banyak produk yang di buat semakin banyak pula konsumen yang akan melihat.dengan awal konsumen melihat disitulah awal terjadinya pasar.
b.bentuk produk
criteria yang menajdi suatu bentuk produk baru,dengan ide ide kreatif yang slalu muncul akan memunculkan keputusan konsumen untuk membelinya.
c.merek
sangat subjektif jika konsumen memilih suatu produk dengan merk.semakin merk terkenal semakin banyak pula yang mencarinya.dengan melihat kondisi seperti ini terjadilah penjualan merk untuk penambahan suatu modal perusahaan
d.agen penjualan
dengan perusahaan menentukan tempat atau agen resmi suatu produk agar konsumen dapat lebih mudah menjangkaunya.dengan begitu konsumen tidak repot repot datang ke distributornya.
e.jumlah produk
dengan banyaknya produk yang di produksinya,di harapkan tidak terjadi kekurangan sehingga pemasukan lancer tanpa tersendat sendat.
f.cara pembayaran
dengan adanya 2 format yaitu,cash dan kredit,dengan begitulah penjual dapat menjual produknya lebih banyak lagi.
tahap tahap proses pembelian
mengenali kebuthan
konsumen akan membeli jenis apa barang atau produk dengan kebutuhan saat ini,sangat dsedikit konsumen yang membeli suatu produk untuk masa depan.konsumen lebih cenderung memuaskan dir untuk waktu sekarang di bandingkan waktu yang akan datang.
pencarian informasi
dengan mencari informasi yang lebih dalam suatu produk,konsumen dapat menyingkat waktu .selain itu sumber daya yang di keluarkan konsumen lebih sedikit atau tidak memboroskan.
evaluasi alternative
dengan melihat suatu nilai guna barang yang akan di beli sehingga konsumen dapat mengetahui tujuan suatu pembelian produk itu.
keputusan beli
suatu perusahaan menyederhanakan suatu produknya,dengan begitu produk yang akan di konsumsi konsumen lebih mudah dan mudah di pahami konsumen.dengan begitulah perusahaan dapat mempengaruhi keputusan suatu konsumen.
tingkah laku pasca pembelian
terkadang konsumen merasa bosan meskipun baru membeli suatu produk yang sebelumnya ia inginkan.untuk menghindari konflik seperti itu,sebaiknya konsumen menghindari iklan dari produk lain.yang akan dapat menimbulkan kebosanan sebelum memakainya.dengan begitu keharmonisan dengan produk baru di beli tetap terjaga dalam jangka waktu cukup lama.
proses pemebeli industrial
pembeli industrial tidak hanya melayani bahan yang sudah menjadi siap jual,namun menjual barang yang berupa bahan baku dimana setiap yang membeli dapat mengolah bahan tersebut menjadi bahan produk sesuai resensi perusahaan.akan tetapi pembeli industrial memperhatikan cara dalam pemasaran konsumen,sehingga konsumen dapat memahami mana yang perlu dan mana yang tidak perlu.
yang berperan dalam pembelian industrial meliputi ;l
initiator ; akar adanya ide ide baru
influencer ; pengaruh pengambilan keputusan konsumen
gate keeper ; orang yang berkuasa tentang layak jual atau tidaknya suatu produk,selain itu menjangkau berbagai informasi
decider ; memiliki wewenang tentang kekuasaan yang kekuangan dan pengambil keputusan akhir.
buyer ; pembelian aktualdan menjadi agen
user ; konsumen atau pengguna
pendekatan dalam pembelian industrial
pendekatan di bagi menjadi 2 yaitu
pendekatan langsung dan tidak langsung
pendekatan langsung itu sendiri adalah pendekatan yang dilakukan industry kepada konsumen dengan cara langsung.pada posisi ini industri merupakan produsen utama serta produsen perantara.perantara disni dimaksudkan sebagai penghubung langsung dengan konsumen sehingga pada pendekatan langsung industri itu memiliki 2 fungsi sekaligus.fungsi yang utama sebagai produsen asli dan perantara pemasaran
pendekatan tidak langsung yang dilakukan industry kebanyakan berkaitan dengan produk yang dengan harga cukup tinggi.contoh dealer motor atau mobil.industri in tidak munkin menjual langsung kepada konsumen karena permintaan yang terus meningkat dengan produksi cukup banyak.sehingga industri in terfokus pada pembuatannya saja
http://belajarmanagement.wordpress.com/2009/06/22/situasi-pembelian-dalam-pasar-bisnis/
http://www.scribd.com/doc/32519635/MODEL-PERILAKU-PEMBELIAN-KONSUMEN-SERTA-PERILAKU-PEMBELIAN-INDUSTRIAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar