jika dilihat dari gambar diatas ada berbagai proses distribusi
1. produsen+konsumen=dimana produk yang ditawarkan produsen langsung bisa didapat konsumen tanpa adanya perantara.
2. produsen+pengecer+konsumen=pengecer merupakan pihak yang mampu mempermudah jalannya jual beli.namun konsumen tidak langsung membeli dari produsen,konsumen harus memesan apa yang diinginkan melalui pengecer.Dengan begitu pengecer memesan kembali produk yang dinginkan konsumen kepada produsen.
3.produsen+pedagang besar+pengecer=semakin banyaknya perantara perantara dalam penjualan produk yang akan jatuhnya ke konsumen.semakin mahal yang akan diterima bagi konsumen itu sendiri.hal itu disebabkan karena disetiap perantara mematok laba yang diharapkan.
4.produsen+agen+pengecer+konsumen=dapat dicontohkan dengan agen minyak tanah,dimana produsen akan mengirim sebuah permintaan agen dengan dilanjutkan agen kepada pengecer,kemudian pengecer yang bisa menjadikan konsumen lebih mudah mendapatkan minyak tanah untuk dikonsumsi.namun dengan semakin banyaknya perantara yang terlibat akan mempermudah terjadinya konflik yang akan menjadikan suatu masalah.
5. produsen+agen+pedagang besar+pengecer+konsumen=pada proses ini terjadinya konflik paling besar diantara proses lainyanya.jika diantara satu dengan yang lain tidak ada kecocokan maka tidak ada jual beli.
Menurut Nitisemito (1993, p.102), Saluran Distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan atau menyampaikan barang-barang atau jasa jasadari produsen ke konsumen.
Menurut Warren J. Keegan (2003) Saluran Distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
Menurut Assauri (1990 : 3) Saluran distribusi merupakan lembaga-lembaga yang memasarkan produk, yang berupa barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
Menurut Kotler (1991 : 279) Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak pemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen.
Manajamen saluran berperan sangat penting sebagai penyalur antara distributor sebuah masyarakat.dimana masyarakat cenderung menginginkan namun berusaha melalui perantaran yaitu salauran distribusi.dengan danya saluran distribusi masyarakat sangat terbantu karena dari distribusilah produk yang telah tersedia bisa di konsumsi.sistem yang di gunakan dalam distribusi terbagi menjadi 2,yakni
SISTEM LANGSUNG
system langsung dimana distribusi dalam penyaluran produk,tidak melalui perantara yang independen.pada system ini pelanggan dapat memesan langsung apa yang di butuhkan sehingga waktu yang digunakan tidak terlalu lama.pelanggan dapat memesan menggunakan surat elektronik,telepon atau bentuk lainya yang berupa komunikasi(direct order).pada tahap ini hanya ada 2 yang keterkaitan yakni produsen dan konsumen.dimana produsen berusaha memenuhi apa yang di pesan konsumen.terjadinya produsen dan konsumen akan mempengaruhi daya beli sebuah harga konsumen.,harga yang ditawarkan lebih murah dari pada system tidak langsung
keuntungan system langsung
-harga yang diperoleh konsumen lebih murah
-lebih menghemat waktu
SISTEM TIDAK LANGSUNG
saluran ini dapat menggunakan berbagai perantara agar konsumen dapat memilikinya.terkadang dengan banyaknya perantara terjadilah konflik apabila perbedaan pendapat dari pengendalian produsen tidak dapat diselesaikan.diperlukan kerja sama antara perantara dengan produsen,sehingga menciptakan keharmonisan.produsen berupaya membangun kerja sama yang pada akhirnya di bentuklah organisasi khusus .dimana organisasi ini dapat memaksimalkan peran yang sudah dibuatnya sehingga hasil yang diperoleh optimal.sistem ini sering di gunakan perusahaan tradisional.pada system tidak langsung ini diperankan oleh,produsen sebagai induk,perantara sebagai penyambung dan konsumen sebagai pengguna.
Alasan menggunakan perantara
alasan pemakaian perantara itu sendiri sebagai penjembatani antara produsen dan konsumen.terkadang konssumen untuk memperoleh apa yang diinginkan dari produsen sulit,sehingga perantara ini muncul.perantara muncul karena adanya kesulitan produsen menjual langsung kepada konsumen,bahkan sebalik konsumen merasa sulit mendapatkan apa yang di inginkan.selain itu dengan adanya perantara terjadinya jual beli suatu barang lebih mudah,praktis,efisien.perantara juga membuat suatu produk menjadi luas dan lebih mudah di konsumsi konsumen atau masyarakat. sedangkan peran dasar perantara pemasaran adalah mengubah persediaan yang bersifat heterogen menjadi berbagai macam barang yang ingin dibeli orang.
Menurut Stern dan El-Ansary:
Perantara melancarkan arus barang dan jasa … Prosedur ini diperlukan untuk menjembatani ketidaksesuaian antara berbagai barang dan jasa yang dihasilkan produsen dan bermacam barang yang diminta konsumen.pada kenyataannya produsen dan konsumen saling timbal balik,dimana produsen memproduksi dalam jumlah sangat banyak namun dengan jenis atau variasi yang sedikit beda halnya yang di minta konsumen,konsumen cenderung kearah dimana menginginkan variasi berbagai jenis dengan jumlah sedikit.
keuntungan menggunakan perantara
A. tugas produsen berkurang,karena produsen memanfaatkan perantara sebagai user penghubung dengan konsumen.sehingga produsen hanya mempersiapkan produk mana yang pantas dan efisien untuk konsumen.
B. dengan special dan pengalaman dalam bidang distribusi kegiatan ini berjalan dengan mudah.sehingga produk yang di hasilkan perusahaan lebih cepat di kenal.
C. sesuai dengan keinginan konsumen yang menginginkan produk dengan variasi dan jenis banyak,perantara mempunyai peralatan khusus.
D. untuk masalah angkut atau pengiriman baik dalam daerah maupun luar daerah,produsen dapat menyediakan sendiri ataupun penyediaan dari pihak perantara.
E. selain itu semua perantara juga dapat membantu produsen diberbagai factor,yaitu
-promosi
-mencari konsumen
-sortir
-pengepakan dan
-informasi
F. dengan tunai atau pun kredit merupakan biaya keuangan dari perantara.
Agar sebuah perusahaan tidak tertipu dengan service yang diberikan perantara ada baiknya perusahaan mengetahui factor yang mempengaruhi perantara
1.service menjual
2. Kemampuan menjual
3. Biaya
PERANTARA PEDAGANG
perantara dagang,perantara yang bertugas pada sector pedangan.dimana perantara dagang wajib membaca arus pasar secara akurat,sehingga masyarakat tidak kecewa.selain itu perantara juga mempunyai kewajiban yakni mengetahui informasi.pengetahuan informasi baik terkini maupun masa lalu sangat berpengaruh pada kinerja di lapangan.untuk memuaskan pelanggan perantara harus mempunyai misi dan visi yang kuat.Adapun indicator indicator untuk mengetahui sejauh mana konsumen merasa puas atas barang atau jasa yang di berikan produsen
perdagangan besar
semua kegiatan yang dilakukan untuk mecapai tujuan awal namun masih pada jalur penjualan barang atau jasa untuk kepentingan bisnis namun pada akhirnya akan di perdagangkan kembali.perdagangan besar merupakan perdangan yang independen.diman didalamnya ada 2 pelayanan untuk kepuasan konsumen
1.pelayanan terbatas
funsgsinya sendiri memberikan pelayanan kepada konsumen atas kebutuhan yang dinginkan atau dikonsumsi akan tetapi pelayanannya terbatas.meskipun pelayanan terbatas konsumen masih bisa merasa puas.
2.pelayanan penuh
pembelian,pengundangan ,fasilitas distribusi,keragaman jenis barang,kredit,pengiriman sampai pengendalian persediaan barang merupakan pelayanan yang akan di berikan kepada konsumen atas pembelian produnya.namun kebanyakan pelayanan penuh hanya melayani jenis jenis produk tertentu.
perdagangan eceran
pada dasarnya,penjualan barang ketika terjadi langsung kepada konsumen,atau konsumen adalah akhir dari kpentingan konsumsi.perdangan eceran dapat digunakan sebagai bisnis ataupun individu.contoh ; supermarket dll
PERANTARA AGEN
Agen perantara dapat diartikan atau dengan sebutan adalah wakil dari produsen.merekalah yang memasarkan produk dari produsen kepada konsumen,namun agen tersebut memerlukan waktu untuk menghasilkan barang yang diminati konsumen,karena agen tidak memproduksi sendiri.agen mendapatkan permintaan dari konsumen,dan berupaya mencari kepada produsen
dengan semakin konsumsi masyarakat semakin banyak dibarengi dengan industry juga mempengaruhi pasaran.apabila ke duanya berjalan pada waktu yang sama pastinya akan menimbulkan keseimbangan yang tidak adil.akan tetapi jika salah satu dari kedua dilakukan terlebih dahulu akan menimbulkan keterlambatan waktu yang sudah ditetapkan pembeli.agar semua itu masih bisa terkendali dengan baik,distribusi pun mencari jalan alternative yaitu ;
A.barang konsumsi ; pada barang konsumsi di produksi hanya untuk konsumen saja.bukan hanya saat memproduksi akan tetapi saat pengepakan atau pembungkusan produk hingga akhir produk itu ditangan konsumen.dengan jalan alternative ini perusahaan dapat menjalankan proses produksinya lebih mudah.
B.barang industry ; sama seperti halnya dengan barang konsumsi akan tetapi jalan alternative ini diperuntunkan hanya untuk pasar industry.dari tahap pertama sampai akhir barang yang diproduksi tujuannya satu yaitu pasar industry.
Saluran distribusi untuk konsumen
PRODUSEN -------------------------------------------->KONSUMEN
PRODUSEN ----------------------->PENGECER --->KONSUMEN
PRODUSEN ---->PEDAGANG BESAR >PENGECER>KONSUMEN
PRODUSEN--->AGEN->PED.BESAR->PENGECER->KONSUMEN
PRODUSEN-->AGEN----------------.>PENGECE
Faktor factor yang mempengaruhi pemilihan saluran
pada kenyataannya atau yang menjadi wajib bagi manajer adalah bagaimana dya dapat menentukan pilihan yang tepat.selain itu kecenderungan produsen pola pembelian konsumen, sifat dan corak pasar yang ada,namun masih dalam pokok yang dibahas.
factor yang mempengaruhi,yaitu
1.pertimbangan pasar
kunci sebagai pemilihan industry
adapun hal penting dalam factor pertimbangan ini.
a. konsumen atau industry
b. jumlah konsumen lebih potensial
c. kosentrasi geografis ukuran produk
d. kebiasaan saat membeli konsumen.
e. ukuran pesanan
http://organisasi.org/definisi-pengertian-saluran-distribusi-jenis-macam-jalur-distribusi-barang-dan-jasa
http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1990160-peranan-perantara/
http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=perantara+age
http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1947335-saluran-dan-jaringan-distribusi/
PRODUSEN -------------------------------------------->KONSUMEN
PRODUSEN ----------------------->PENGECER --->KONSUMEN
PRODUSEN ---->PEDAGANG BESAR >PENGECER>KONSUMEN
PRODUSEN--->AGEN->PED.BESAR->PENGECER->KONSUMEN
PRODUSEN-->AGEN----------------.>PENGECE
Faktor factor yang mempengaruhi pemilihan saluran
pada kenyataannya atau yang menjadi wajib bagi manajer adalah bagaimana dya dapat menentukan pilihan yang tepat.selain itu kecenderungan produsen pola pembelian konsumen, sifat dan corak pasar yang ada,namun masih dalam pokok yang dibahas.
factor yang mempengaruhi,yaitu
1.pertimbangan pasar
kunci sebagai pemilihan industry
adapun hal penting dalam factor pertimbangan ini.
a. konsumen atau industry
b. jumlah konsumen lebih potensial
c. kosentrasi geografis ukuran produk
d. kebiasaan saat membeli konsumen.
e. ukuran pesanan
http://organisasi.org/definisi-pengertian-saluran-distribusi-jenis-macam-jalur-distribusi-barang-dan-jasa
http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1990160-peranan-perantara/
http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=perantara+age
http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1947335-saluran-dan-jaringan-distribusi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar